Profesionalisme dan pengabdian adalah dua elemen kunci yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru yang mengemban tugas sebagai pengajar pendidikan agama katoli (PAK). Tidak mudah untuk menyelaraskan dua hal yang harus ada dalam diri seorang guru PAK, yaitu tuntutan profesional dan pengabdian. Tuntutan profesional Merujuk pada persyaratan yang harus dipenuhi dalam suatu pekerjaan atau profesi, s…
Para guru sekolah minggu dan guru bia iman harus selalu siap untuk melayani secara total. Maka, perlu senantiasa membekali dan memotivasi diri agar pelayanannay menjadi berkat bagi anak-anak yang dilayani dan didampinginya. Kehadiran buku ini merupakan salah satu usaha untuk memberikan inspirasi dan motivasi yang menunjang karya pelayanan guru sekolah minggu dan guru bina iman anak/remaja yang …
Buku Ajaran Dasar-Dasar Konstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Katolik ini merupakan panduan sistematis bagi mahasiswa., dosen, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum PAK di perguruan tinggi. Isi buku memadukan landasan teoretis dan praktis, dilengkapi studi kasus, latihan soal dan referensi terbaru pendukung analisis kristis dan penerapan kontek…
Buku ini membahas berbagai teori belajar seperti behavioristik, kognitivistik, konstruktivistik, dan sosiokultura, yang dipadukan dengan penerapannya secara praktis dalam konteks pembelajaran agama Katolik. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu guru dan calon pendidik dalam merencang pembelajaran yang sangat efektif secara akademis, tetapi juga menyentuh nilai-nilai spritual dan kemanusiaan …
Buku ini membahas serba-serbi tentang penyandang caca tyang ditulis oleh mereka yang terlibat dalam upaya pendidikan penyandang cacat. Sesuai dengan filsafat yang dianut Romo Janssen dalam upaya ini, maka juga pendidikan bagi penyandang cacat harus ditujukan pada kesiapan untuk mandiri dalam peri kehidupan. Penyandang cacat memang mengalami sesuatu kekurangan, namun kekurangan itu sedapat mungk…
Berdasarkan pengalamannya berinteraksi dengan anak dan remaja, penulis mengajak pembaca untuk mempertanyakan kebiasaan-kebiasaan dan pandangan pandangan yang berkaitan dengan perlakuan terhadap anak. Selanjutnya, Aprilianto mengajak pembaca untuk menggali nilai-nilai kehidupan berdasarkan suatu pemahaman bahwa anak itu unik, baik, dan dinamis.
Buku ini sangat baik dan bermanfaat sebagai panduan bagi orangtua, pendidik, konselor, terapis, psikolog, dan rohaniawan. Ditulis dengan sangat lugas, disertai berbagai contoh dalam kehidupan nyata dan uraian singkat, menjelaskan tentang teori, proses, dan pentingnya mendengarkan dan memahami perasaan anak untuk menghindari adanya perdebatan dari awal. Bagi para orangtua yang lelah dengan renge…